Kegiatan Pelatihan Terapan Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2017

Banda Aceh, Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh  bekerjasama  dengan  Direktorat Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja Ditjen Binapenta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan RI telah melaksanakan kegiatan pelatihan Terapan Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2017, bertempat di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Lamjabat Banda Aceh.

Kegiatan yang bersumber anggaran dari APBN ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari yaitu pada tanggal 06 s/d 09 September 2017. Peserta program pelatihan ini  diikuti sebanyak 20 orang  yaitu remaja putri dan ibu rumah tangga yang berasal dari gampong –gampong di Kota Banda Aceh.

Pelatihan terapan TTG ini dilaksanakan bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat yang menganggur dan setengah menganggur atau  sedang merintis usaha, pemanfatan potensi daerah secara maksimal untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk dan pengembangan kegiatan ekonomi lokal yang produktif. Dalam  pelatihan ini peserta program diajarkan cara pembuatan sulaman aceh atau kasab aceh pada media payung dan kain beledru.

Kerajinan tangan ini merupakan salah satu potensi daerah yang menuntut kreatitifitas dan sangat menunjang sektor pariwisata di kota Banda Aceh yang terus meningkat wisatawannya setelah peristiwa bencana Tsunami tahu 2004.  Setelah  pelatihan pembekalan dilaksanakan setiap peserta program mendapatkan modal bantuan sarana usaha berupa peralatan dalam membuat sulaman aceh. Pada  akhirnya dengan selesainya kegiatan pelatihan TTG ini diharapkan peserta program dapat menciptakan lapangan kerja sendiri dan tidak tergantung sama orang lain dalam mencari pekerjaan.

(Mustafa Kamal)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*