Kepala UPTD BLK Kota Banda Aceh Muliadi, SE menutup Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Angkatan I di UPTD BLK Kota Banda Aceh hari ini 19 Mei 2020.
Dalam kesempatan itu Muliadi menyampaikan ada enam program pelatihan pada angkatan I yang ditutup, yaitu Pelatihan Menjahit Pakaian Sesuai Style, Pembuatan Hiasan Busana dengan Mesin Bordir Manual, Pembuatan Roti dan Kue, Servis Sepeda Motor Konvensional, Pengelasan SMAW 2G, dan Teknisi Refrigerasi Komersil dengan jumlah peserta pelatihan masing-masing 16 orang per program pelatihan dan jangka waktu pelatihan bervariasi untuk masing-masing program antara 140 JP sampai dengan 360 JP.
Selanjutnya Muliadi menjelaskan bahwa sebenarnya pelatihan ini telah dimulai sejak Tanggal 10 Februari 2020 dan dseharusnya telah selesai paling lama pada Tanggal 1 April, namun karena adanya kasus Covid 19 seluruh aktifitas pelatihan sempat dihentikan selama tiga minggu mulai Tanggal 17 Maret sampai 6 April 2020, makanya pelatihannya manjadi sangat lama dan baru dituntaskan secara keseluruhan pada Tanggal 22 April 2020.
Sementara itu PPK Kegiatan PBK di UPTD BLK Kota Banda Aceh, Abdul Manaf, SE, yang juga merupakan Kepala Bidang Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh menjelaskan kenapa pelatihannya baru ditutup sekarang, karena menyangkut dengan penyelesaian administrasi / uang transport peserta pelatihan yang belum dapat diamprah sebelumnya sehubungan dengan revisi anggaran pada Satker BLK Kementerian Ketenagakerjaan RI. Setelah revisi anggaran baru dapat diamprah dan dibayarkan uang transport peserta pelatihan yang telah lulus serta diserahkan sertifikatnya hari ini.
Abdul Manaf juga menjelaskan efek adanya Pandemi Covid 19, UPTD BLK Kota Banda Aceh mengalami pengurangan paket pelatihan dari yang direncanakan sebelumnya 16 paket (256 orang) dikurangi menjadi 11 paket (176 orang), dimana dananya telah direvisi oleh Satker BLK Kemnaker RI untuk penanganan Covid 19. Sisa pelatihan 5 paket lagi akan dilaksanakan pada Angkatan Kedua setelah Hari Raya Idul Fitri yaitu untuk Pelatihan Menjahit Pakaian Sesuai Style 2 paket, Pembuatan Roti dan Kue , Servis Sepeda Motor Injeksi, dan Pengelasan SMAW 2G masing-masing 1 paket. Apabila warga Kota Banda Aceh yang masih menganggur dan berminat untuk mengikuti PBK dapat mendaftarkan diri ke UPTD BLK Kota Banda Aceh yang beralamat di Jl. Pendidikan Gampong Lamjabat Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh.