Dalam rangka peningkatan kompetensi bagi pencari kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) melalui seksi Penyelenggaraan Pelatihan dan Kelembagaan Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja melaksanakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan pengelasan di BLK Kota Banda Aceh.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 36 hari (240 JPL) ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan keterampilan bagi peserta pelatihan sehingga dapat menjadi calon tenaga kerja yang kompeten pada bidang pengelasan.

Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Aswar R. Paya dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan pelatihan ini merupakan sarana bagi pencari kerja dalam meningkatkan keterampilan di bidang pengelasan. “Materi yang diberikan difokuskan pada industri pengelasan yang ada di daerah ini agar lulusannya dapat terserap pada industri tersebut,” kata Aswar, Rabu (13/10/2021).

Aswar menambahkan, kegiatan pembelajaran itu mahal dan perlu pengorbanan dalam menjalaninya. “Anda adalah orang-orang yang beruntung dan terpilih, menyisihkan 142 orang pendaftar dan mengikuti seleksi yang berjumlah 162 orang. Minat dari pendaftar yang cukup besar ini hendaknya tidak disia-siakan oleh peserta yang terpilih ini,” pesan Aswar.

“Kita ketahui bersama untuk saat ini kita masih kalah bersaing dengan orang-orang luar Aceh. Banyak peluang yang belum bisa kita isi. Dalam melamar sebuah pekerjaan itu dibutuhkan kompetensi sehingga tanpa adanya kompetensi yang dimiliki kita tidak mampu bersaing,” katanya.

“Tidak mungkin pemerintah terus bekerja sementara rakyat tidak mau mengubah diri untuk lebih produktif dan bersinergi. Jangan jadikan sosial media sebagai tempat berkeluh kesah dan menghujat tanpa kita melakukan perubahan pada diri kita. Tinggalkan kebiasaan kita yang mengeluh di dinding sosial media dengan menyalahkan orang lain tanpa introspeksi diri, kita terlalu disibukkan dengan persoalan yang belum tentu seperti yang kita maksudkan,” lanjutnya Aswar.

Selanjutnya Sekrataris Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh, Ramos Kam,ST, MP, dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan pengelasan menyampaikan apresiasinya meskipun dengan kondisi gedung BLK yang dalam kondisi pembangunan dengan memanfaatkan tempat yang sederhana untuk pelatihan ini nantinya tidak mengurangi semangat dan hasil yang dicapai nantinya.

“Kepada peserta kami mengharapkan dapat memanfaatkan kesempatan melalui pelatihan ini dalam mengembangkan keterampilan khususnya pengelasan. Tentunya dengan ketekunan dan kesungguhan peserta dalam berlatih akan diperolah karya-karya yang bagus,” tutupnya. (Aan) (Sumber : Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh)