Wakil Walikota Banda Aceh Drs. H. Zainal Arifin membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi UPTD BLK Kota Banda Aceh di Gedung IT Learning Centre Kota Banda Aceh, Jumat 5 Maret 2021.

Dalam kesempatan itu Zainal mengucapkan terima kasih kepada BLK Banda Aceh yang terus membantu pemerintah kota mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pelatihan di BLK Lamjabat Kota Banda Aceh agar warga Kota Banda Aceh yang belum bekerja dibekali dengan keterampilan dan kompetensi yang sesuai dengan perkembangan jaman.

Disamping itu Zainal juga meminta tim Dinas Tenaga Kerjadan UPTD BLK Kota Banda Aceh agar dapat melakukan memonitoring dan evaluasi terhadap peserta pelatihan setelah lulus. Perlu inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan potensi lulusan misalnya dengan cara berkoordinasi dengan Bappeda Kota Banda Aceh untuk memprogramkan bantuan peralatan kerja bagi kelompok lulusan terbaik agar lebih cepat melahirkan usaha-usaha baru di wilayah Kota Banda Aceh.

Sebelumnya Kepala Dinas TenagaKerja Kota Banda Aceh, MairulHazami, SE, M.Si melaporkan bahwa pelatihan yang dibuka pada angkatan pertama ini ada empat program pelatihan yaitu Menjahit Pakaian Dengan Mesin, Pengelasan SMAW 2G, Pembuatan Kue dan Roti, dan Penggambaran AutoCAD 2 Dimensi dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 64 orang, dan waktu pelatihan mulai 22 Februari sampai dengan 1 April 2021.